Kamis, 17 Februari 2011

Akar Kata (Root)

Menurut tata bahasa ARAB seumumnya terdapat apa yang disebut JADZAR (JA-DZA-RA), istilah ini disebut ROOT dalam bahasa Inggris atau Akar kata dalam bahasa Indonesia. Akar kata ini masih merupakan susunan huruf-huruf yang belum berharakat. Huruf-huruf di Al Quran dibagi dua kelompok;

1) Huruf Sempurna yaitu huruf BA, TA, TSA.. dst, selain huruf ALIF, WAW dan YA.
2) Huruf Ilat (penyakit) atau kita sebut "Huruf Buduk" yaitu huruf ALIF, WAW dan YA.

JADZAR atau ROOT atau AKAR KATA dikategorikan dalam 2 kategori:
  1. AKAR KATA bagi KATA KERJA. AKAR KATA ini bila diberi harakat maka menjadi KATA KERJA. KATA KERJA, oleh para pakar bahasa Arab disebut FI’IL (FA-‘AIN-LAM).
  2. AKAR KATA bagi KATA BENDA. AKAR KATA ini bila diberi harakat maka menjadi KATA BENDA. KATA BENDA, oleh para pakar bahasa Arab disebut ISIM (ALIF-SIN-MIM).

AKAR KATA setelah diberi harakat maka dia akan membentuk KATA DASAR. KATA DASAR, seperti pada bahasa Indonesia, dia dapat merupakan KATA BENDA atau merupakan KATA KERJA. Dalam bahasa Indonesia, contoh KATA DASAR yang merupakan KATA BENDA adalah; ROKOK, BUKU, GARAM, PACUL dsb. Contoh KATA DASAR yang merupakan KATA KERJA adalah; JALAN, MAKAN, PAKAI dsb.

Demikianlah sebagai pemanasan, beberapa perbandingan istilah ke dalam bahasa Indonesia. Mudah-mudahan semua bisa saling membantu memudahkan penjelasan NAHWU SHARAF (tata bahasa) Al Quran yang terkenal “RUWET” menjadi sesuatu yang mudah dipahami oleh orang Indonesia walaupun dia tidak pernah mengenyam pendidikan di pesantren.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar