Kamis, 17 Februari 2011

Pemecahan Dasar 3 Huruf Pokok : Pola I

Istilah “PEMECAHAN DASAR” ialah pemecahan KATA DASAR menjadi berbagai bentuk kata yang lain. Oleh para ahli Nahwu Sharaf dinamakan TASRIF SEPULUH. Memperhatikan persamaan dan perbedaannya masing-masing, maka pembahasan PEMECAHAN DASAR dari KATA KERJA TIGA HURUF POKOK ini kita bagi lagi menjadi 6 POLA.

Istlah POLA, ialah bentuk contoh untuk mengukur yang lain. Para ahli Nahwu Sharaf mengistilahkan WAZAN (WAW-ZAI-NUN).
POLA I berpola    يَفْعَلُ  -  فَعَلَ  . Huruf FA kita namakan FA FI’IL, huruf ‘AIN kita namakan ‘AIN FI’IL dan huruf LAM kita namakan LAM FI’IL. Huruf FA, ‘AIN dan LAM tersebut adalah HURUF POKOK dari kata 3 HURUF POKOK (JADZAR: Akar Kata).

Selanjutnya, PEMECAHAN DASAR (TASRIF SEPULUH) untuk KATA KERJA 3 HURUF POKOK atas POLA I (pertama) tersebut adalah sebagai berikut:

Tabel POLA I:

10
9
8
7
6
5
JADZAR: Akar Kata
4
3
2
1
POLA
مِفْعَالٌ
مَفْعَلٌ
مَفْعَلٌ
مَفْعُوْل
فَاعِلٌ
فَعْلاً
ف-ع-ل
لاَتَفْعَلْ
اِفْعَلْ
يَفْعَلُ
فَعَلَ
I

Keterangan:
Kolom 1                : KATA KERJA TELAH (FI’LU MAADHIN)
KATA KERJA TELAH/SUDAH ialah bentuk kata kerja yang menunjukkan kepada kerja atau berbuat telah/sudah dikerjakan. Artinya “TELAH ME-/MEM-/MENG-/BER- … (kata dasarnya). Misalnya dari kata dasar “MAKAN” menjadi “TELAH MEMAKAN”

Kolom 2                : KATA KERJA SEDANG/AKAN (FI’LU MUDHARI’IN)
KATA KERJA SEDANG/AKAN ialah bentuk kata kerja yang menunjukkan kepada kerja atau berbuat sedang/akan dikerjakan. Artinya “SEDANG/AKAN  ME-/MEM-/MENG-/BER- … (kata dasarnya). Misalnya dari kata dasar “MAKAN” menjadi “SEDANG MEMAKAN” atau “AKAN MEMAKAN”

Kolom 3                : KATA PERINTAH (FI’LU AMR)
KATA KERJA PERINTAH ialah bentuk kata kerja yang menunjukkan kepada perintah. Artinya “(kata dasarnya) ditambah akhiran -LAH. Misalnya dari kata dasar “MAKAN” menjadi “MAKANLAH!”

Kolom 4                : KATA LARANGAN (FI’LU NAHI)
KATA KERJA LARANGAN ialah bentuk kata kerja yang menunjukkan kepada larangan. Artinya “JANGAN … (kata dasarnya). Misalnya dari kata dasar “MAKAN” menjadi “JANGAN MAKAN!”

Kolom JADZAR (akar kata): huruf pokok yang menjadi sumber dibentuknya KATA KERJA TELAH/SUDAH (Kolom 1).

Kolom 5                : KATA DASAR (MASDAR)
KATA DASAR ialah bentuk kata yang menjadi sumber pembentukan kata-kata yang lain di dalam PEMECAHAN DASAR (TASRIF SEPULUH). Harap dibedakan bahwa yg dimaksud KATA DASAR di sini bukan AKAR KATA. Kalau AKAR KATA (JADZAR) maksudnya adalah huruf-huruf pokok yg membentuk sebuah perkataan. Contoh kata dasar dalam bahasa Indonesia adalah: MAKAN, MINUM, JALAN dsb.

Kolom 6                : KATA PELAKU (ISIM FAA’IL)
KATA PELAKU ialah bentuk kata yg menunjukkan kepada “yang berbuat sesuatu” atau “yg mengerjakan sesuatu”. Artinya “YANG ME-/PE-/PEM- … (kata dasarnya). Misalnya dari kata dasar “MAKAN” menjadi “YANG MEMAKAN” atau “PEMAKAN”.

Kolom 7                : KATA PENDERITA (ISIM MAF’UUL)
KATA PENDERITA ialah bentuk kata yg menunjukkan kepada “yang terkena oleh kerja” atau “yang menjadi sasaran kerja”. Artinya “YANG DI- … (kata dasarnya). Misalnya dari kata dasar “MAKAN” menjadi “YANG DIMAKAN”

Kolom 8                : KATA PENUNJUK WAKTU (ISIM ZAMAN)
KATA PENUNJUK WAKTU ialah bentuk kata yang  menunjukkan kepada waktu pada saat bekerja/berbuat. Artinya “WAKTU  … (kata dasarnya). Misalnya dari kata dasar “MAKAN” menjadi “WAKTU MAKAN”

Kolom 9                : KATA PENUNJUK TEMPAT (ISIM MAKAAN)
KATA PENUNJUK TEMPAT ialah bentuk kata yang menunjukkan kepada tempat yang digunakan pada waktu bekerja/berbuat. Artinya “TEMPAT … (kata dasarnya). Misalnya dari kata dasar “MAKAN” menjadi “TEMPAT MAKAN”

Kolom 10             : KATA PENUNJUK ALAT (ISIM ALAT)
KATA PENUNJUK ALAT ialah bentuk kata yang menunjukkan alat yang digunakan dalam bekerja/berbuat. Artinya “ALAT … (kata dasarnya). Misalnya dari kata dasar “MAKAN” menjadi “ALAT MAKAN”.

Berdasarkan TABEL POLA I di atas maka cobalah mengerjakan  latihan.

10
9
8
7
6
5
JADZAR: Akar Kata
4
3
2
1
POLA / ARTI
مِفْعَالٌ
مَفْعَلٌ
مَفْعَلٌ
مَفْعُوْلٌ
فَاعِلٌ
فَعْلاً
ف-ع-ل
لاَتَفْعَلْ
اِفْعَلْ
يَفْعَلُ
فَعَلَ
I
مِفْتَاحٌ
مَفْتَحٌ
مَفْتَحٌ
مَفْتُوْحٌ
فَاتِحٌ
فَتْحًا
ف-ت-ح
لاَتَفْتَحْ
اِفْتَحْ
يَفْتَحُ
فَتَحَ
Membuka





بَحْثًا



يَبْحَثُ
بَحَثَ
Menyelidik





تَبْعًا



يَتْبَعُ
تَبَعَ
Mengikuti





جَرْحًا



يَجْرَحُ
جَرَحَ
Menggores





رَكْعًا



يَرْكَعُ
رَكَعَ
membungkuk
Silakan diunduh (disalin/diprint) dan dikerjakan..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar